Discount Up To 51%

Tiga Cara Dasar Merawat Batik

kain batik tulis madura - by yoyok isjhon

Cara Merawat Batik Biar Awet dan Tahan Lama

Tiga Cara Dasar Merawat Batik yang perlu anda praktik kan dan anda coba. Batik pekalongan ,Batik solo , Batik madura , Batik pasuruan , Batik tuban, Tiga cara dasar ini bisa anda praktik kan juga untuk batik yang saya sebutkan di atas.

Cuci Batik Dengan Benar

Cara mencuci kain batik yang benar adalah tidak pakai deterjen seperti soklin,rinso dan deterjen lainnya yang mengandung bahan bahan keras yang bisa merusak warna pada kain batik, Sebaiknya anda menggunakan shampo dan sabun lerak, yang tidak mempunyai kandungan bahan keras, sehingga aman untuk warna pada kain batik. Selain itu kain batik tidak boleh di cuci pakai mesin cuci, Karena mesin cuci ini bisa juga merusak warna pada kain, Yang bagus adalah pakai tangan biasa, itupun tidak boleh di kucek terlalu keras. Yang penting kotoran yang menempel pada kain batik sudah bersih.

Baca juga 

Cara Menjemur Kain Batik

Cara menjemur kain batik yang benar dan bagus adalah, kain batik tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, Kalau kain batik terkena sinar matahari secara langsung, warna pada kain batik ini akan cepat pudar, atau orang jawa menyebutnya dengan kata ,, Rupane wes Mbulak,,. Jadi untuk menjemurnya di ruangan yg tidak kena sinar matahari, yang penting kena angin segar dan biarkan kain batik kering dengan sendirinya.

Simpan Kain Batik Dengan Baik

Setelah proses pencucian dan penjemuran kain batik hingga kering dan siap untuk di simpan, Kain batik ini tidak boleh di setrika karena setrika akan memberi tekanan panas kain dan warna kain, sehingga setrika ini bisa mengurangi keawetan warna pada kain batik, Yang baik adalah seperti kita menyimpan baju di bawah bantal, dengan sendirinya baju yang kita simpan sudah menjadi rapi seperti hasil setrika itu, bisa di bilang cara ini sangat kuno, tapi memberikan hasil yang sama bagusnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan kan jualan anda di sini, Gratis !
pasang iklan online gratis - yoyok isjhon go






Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jasa Pasang CCTV Surabaya Profesional

Jasa Instalasi Jaringan Surabaya

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel