Discount Up To 51%

Batik Cirebon – Gua Sunyaragi Icon Pesona Indonesia

Gua Sunyaragi

Wisata cirebon

Batik Cirebon - Berkunjung ke Cirebon, obyek wisata sejarah bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Kota wali, begitulah Cirebon dikenal. Selain wisata kulinernya yang unik dan khas, wisata sejarah di kota Cirebon juga tak kalah uniknya. Kang Jeng Sunan Gunungjati mulai mengajarkan agama islam di Cirebon sekita tahun 1470 M. Berawal dari situlah Cirebon menjadi kota yang syarat dengan peninggalan sejarah yang salah satunya adalah Gua Sunyaragi, sebuah bangunan yang berbentuk seperti candi. berdasarkan versi nagari, Gua Sunyaragi didirikan oleh Pangeran Arca Carbon pada tahun 1703 M.

Keunikan gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi, disebut juga sebagai Taman Air atau Taman Sari Sunyaragi. Selain itu, karena kontruksi dan komposisi bangunan ini seperti taman air. Gua Sunyaragi berasal dari dua suku kata dalam bahasa sansekerta yaitu sunya dan ragi, “sunya” artinya sunyi dan “ragi” artinya raga.Yups... berkunjung ke Cirebon memang benar-benar tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke cagar budaya unik Gua Sunyaragi. Sebuah gua yang dibangun sebagai taman tempat para pembesar keraton dan prajurit keraton bertapa untuk meningkatkan ilmu kanuragan. Gua ini, lokasi di kelurahan Sunyarragi, Kesambi kota Cirebon. Tempat wisata yang berbalut cerita sejarah, mitos dan misteri itulah yang mampu menciptakan rasa ketertarikan dan keingintahuan bagi para pelancong lokal, turis nasional hingga turis asing.Keunikan dan nilai estetika dari bangunan Gua Sunyaragi ini terletak pada arsitekturnya yang berbentuk gunungan-gunungan seperti rumah semut yang merupakan hasil perpaduan antara gaya Indonesia klasik (hindu), gaya China (Tiongkok kuno), gaya Timur Tengah (Islam) dan gaya Eropa. Selain itu, mitos yang melekat dari bangunan bersejarah ini yaitu mengenai cerita patung batu perawan. Patung tersebut terletak di lokasi gua peteng, tepatnya depan pintu masuk gua setelah melewati kolam. Mengenai patung batu perawan ini ada yang berpendapat dapat memudahkan jodoh namun ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Ajak pemandu wisata

Gua Sunyaragi kini sudah menjadi salah satu objek wisata indonesia yang masuk dalam perbincangan nasional karena keunikan dan keindahannya. Inilah salah satu tempat wisata bersejarah yang sayang jika anda lewat bersama keluarga. Di sini banyak pelajaran sejarah yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan anak anda.Untuk anda yang baru mau merencanakan weekend berkunjung ke taman Gua Sunyaragi ini, ajaklah pemandu wisata untuk mendampingi perjalanan anda agar seluruh bagian wisata sejarah ini dapat menambah pengetahuan. Pemandu wisata siap medampingi penjelajahan menembus lorong-lorong gua yang ada di taman air ini. Selain itu, pemandu wisata jiga akan memaparkan filosofi dan pengetahuan dari setiap bangunan yang ada. Namun minimal wisatawan yang dipandu yaitu 5 orang.

Oups.... setelah anda berkeliling ditaman gua sunyaragi yang memang luasnya sampai 15 hektar ini, pasti rasa lapar  menjadi berorasi diperut anda. Tak jauh dari gua taman sari gua sunyaragi ini ada tempat makan yang kece dan terkesan tradisional yaitu Batik Kitchen di Pusat Grosir Batik Trusmi dan Pusat Seragam Batik Tulis Madura. ( Batik Tulis Madura)

Tags: #batik tulis #pusat seragam batik #pusat batik berlogo

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jasa Pasang CCTV Surabaya Profesional

Jasa Instalasi Jaringan Surabaya

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel