Discount Up To 51%

Sejarah Singkat Batik Indonesia

Batik sudah ada di Indonesia dari abad ke 17 sejak jaman majapahit, kata batik berasal dari bahasa jawa yaitu AMBAH dan NITIK, Ambah artinya menulis, batik pertama kali di tulis di atas daun lontar.
Motifnya masih di dominasi motif binatang dan tanaman. Awalnya batik merupakan seni budaya untuk para raja, dalam perkembangannya batik di tiru oleh masyarakat, beragam jenis batikpun muncul, Seperti batik kawung, batik tasik, batik malang, batik pekalongan, batik mega mendung, batik sekar jagat, sidomukti magetan, batik kraton, batik jepara, batik solo. Lalu tahun 1835 muncul pabrik batik di belanda. setelah ada pengusaha yang membawa beberapa pembatik jawa, Batikpun kian berkembang, Awal abad ke 20 lalu muncul rintisan pabrik batik di jerman dan swiss, tahun 1970 busana mdern batik rancangan salah satu designer terkenal pada waktu itu, berhasil di perluas oleh masyarakat. Dan kini batik tidak hanya jadi pelengkap, tapi menjadi fashion penting di Indonesia.
asal usul batik indonesia


Trend pakaian batik

Trend pakaian batik dalam waktu beberapa tahun terakhir memiliki perkembangan yang cukup pesat, jika dahulu batik hanya di kenakan pada acara acara tertentu saja, dan identik di kenakan oleh generasi tua, dan kinik batik sudah lebih berkembang, baik secara fungsi maupun para penggunanya. Di kenal sebuah kain bercorak tradisional warisan leluhur, batikpun di tetapkan sebagai salah satu benda pusaka dunia dan merupakan warisan budaya Indonesia oleh salah satu badan PBB UNESCO pada 2 Oktober 2019, dengan sebutan warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi, Berasal dari kata AMBAH NITIK . Batik Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis corak dan warna yang masing masing memiliki ciri khas yang berbeda. Sebuah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya jawa sejak dulu, batik memiliki sejarah yang tak terpisahkan dengan masyarakat Indonesia.
batik indonesia

Macam macam warna dan corak batik

Meski terdiri berbagai macam macam warna dan corak yang berbeda akibat pengaruh budaya asing, Corak batik tradisional masih tetap di pertahankan dan masih di pakai dalam upacara upacara adat, karena corak tersebut memiliki makna masing masing. Batik tradional melalui prose pembuatan dengan teknik tulisan tangan yang menggunakan canting dan malam yang di sebut batik tulis, yang hingga kini masih bertahan di tengah tengah derasnya arus industrialisasi dan globalisasi yang memperkenalkan teknik mesin pada proses pembuatannya, batik batik tersebut di kenal sebagai batik cap dan batik cetak, jika di lihat dari asalnya jenis jenis batik sangat beragam seperti batik bali, batik banyumas, batik madura dan batik pekalongan. Sedangkan berdasarkan motifnya antara lain terdiri atas batik kraton, batik sudagaran, dan batik kawung. Dan kini dalam beragaman yang ada batik pun mulai menjadi alternatif pilihan dalam berbusana.
fashion batik modern

Batik kebagaan Indonesia

Dan bahkan kini sejumlah instansi mewajibkan pengunaan batik pada hari hari tertentu, ini merupakan salah satu wujud pelestarian batik oleh generasi masa kini, agar batik tetap menjadi warisan budaya kebanggaan Indonesia. Batik, Seperti yang anda baca di atas, UNESCO itu menetapkan sebagai warisan kemanusiaan, dan seiring perjalanannya pula, batik itu pun juga masih ada yang tulis dan cap, dan kalau kita lihat juga nih ya, banyak banget batik yang di modifikasi, terus habis itu misalkan anda suka dengan club sepak bola, sekarang ada batik gambarnya logo sepak bola, misalkan liverpool di batik pun logonya liverpool. woooowwww,,,.
contoh batik tulis madura


Batik modern

Jadi seiring perkembangan jaman motif batik juga berkembang. ya kalau dulu pertama kali dari jamannya majapahit dan identik dengan kerajaan, kalau sekaramg tidak, batik itu sebenarnya bukan cuma trend tapi juga sebagai citra diri, karena batik itu mempunyai arti dari setiap gambar atau motifnya, dan gak lepas juga sama ungkapkan fashion  is statement pakai batik, tapi kalau misalkan memang suka liverpool biasanya ada logonya liverpool, berarti suka sepak bola, bener kan??
Cukup sekian dan semoga bisa menambah pengetahuan.

Baca juga: Seragam batik tulis , Grosir batik madura , Promo batik tulis, jasa iklan online gratis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jasa Pasang CCTV Surabaya Profesional

Jasa Instalasi Jaringan Surabaya

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel